Solusi Agar Komputer/Laptop Tidak Sleep

Hotden Situmorang

Pada dasarnya mode sleep yang ada komputer/laptop bertujuan untuk mengurangi konsumsi pemakaian listrik/baterai. Apalagi untuk laptop, jelas fitur ini akan sangat dibutuhkan, karena bisa menghemat penggunaan daya baterai. Selain dibutuhkan, terkadang fitur ini sangat mengganggu karena pada saat komputer/laptop dalam mode sleep terkadang harus menunggu beberapa detik agar komputer/laptop dapat menyala kembali setelah menekan tombol Enter. Bahkan pada beberapa komputer/laptop tidak bisa hidup pada mode ini.
Fitur ini bekerja dengan mematikan komputer/laptop secara otomatis apabila tidak melakukan aktifitas apapun dalam waktu yang telah ditentukan. Secara default fitur ini telah aktif. Namun, pada beberapa kondisi kita tidak memerlukan fitur sleep ini. Pada artikel ini, saya akan membagikan solusi cara bagaimana menonaktifkan fitur sleep ini. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda ikuti.
1.    Buka Control Panel dengan klik start lalu pilih Control Panel.
2.    Kemudian pilih System and Security.
3.    Pada bagian Power Options terdapat beberapa pilihan, pilih Change when the computer sleeps.
4.  Pada bagian Put the computer sleep kamu bisa setting waktu yang kamu inginkan. Contohnya saya mengatur On Baterry 30 Minutes dan Plugged in Never. Plugged in biasanya hanya ada pada laptop sedangkan On Baterry ada pada laptop maupun komputer. Jika ingin menonaktifkan mode sleep, pilih Never pada pilahan On Baterry dan Plugged in.

Dengan settingan seperti diatas, maka hasil yang didapat adalah ketika kita mengoperasikan laptop dengan daya baterai (On Baterry), maka laptop akan otomatis masuk mode sleep jika tidak melakukan aktifitas apapun selama 30 menit. Namun jika kita mengoperasikan laptop dalam keadaan mengisi daya baterai (Plugged in), maka laptop tidak akan sleep.

Sistem Operasi Windows memang dilengkapi dengan fitur yang membuat komputer/laptop sleep otomatis jika tidak melakukan aktivitas apapun dalam waktu yang telah ditentukan. Hal ini sebenarnya bermanfaat untuk menghemat daya sekaligus membuat umur berbagai komponen komputer/laptop jadi lebih panjang. Tetapi meskipun bermanfaat, terkadang ada saat dimana kamu tidak ingin komputer/laptop dalam mode sleep secara otomatis karena dalam beberapa hal fitur ini sangat mengganggu aktifitas kerja karena pada saat komputer/laptop dalam mode sleep terkadang harus menunggu beberapa detik agar komputer/laptop dapat menyala kembali setelah menekan tombol Enter. Bahkan pada beberapa kasus komputer/laptop harus menunggu beberapa lama bahkan tidak bisa hidup pada mode ini. Jalan terakhir adalah dengan mematikan komputer secara paksa dengan menekan tombol power lalu menghidupkan kembali.
Ini sangat tidak disarankan karena akan merusak beberapa komponen penting pada komputer seperti Processor dan komponen lainnya. Maka sangat disarankan agar menonaktifkan fitur ini pada mode On Baterry dan Plugged in.

Semoga artikel diatas bisa bermanfaat….

Seorang Alumni Mahasiswa Programer Yg Sangat Tertarik Dengan Dunia Web Design Dan Juga Dunia Tehknologi...

Share this

Artikel Terkait

Latest
Previous
Next Post »

Tambahkan Komentar Anda