Cara Mengatasi Komputer Tidak Bisa Melakukan Copy Paste, Cut Maupun Save As

Hotden Situmorang

Pernah gak mengalami kejadian ketika anda sedang bekerja menggunakan komputer atau laptop tapi tidak bisa melakukan copy paste file? Bahkan lebih parahnya file tidak bisa di save as ke flashdisk atau di cut. Ini berlaku untuk semua file apapun. Berdasarkan pengalaman saya, saya pernah mengalami hal demikian disaat ingin memindahkan file-file penting ke flashdisk. Terpaksa file dikirim lewat email karna sama sekali tidak bisa melakukan copy paste, cut, maupun save as.

Copy paste adalah hal yang paling penting dalam dunia komputer, seandainya komputer tidak dapat melakukan copy paste maka file yang kita kerjakan hanya dapat digunakan pada komputer dimana kita mengerjakannya. Hal ini bisa terjadi karena virus atau program tertentu yang menyebabkan file windows corrupt atau ulah orang jahil yang sengaja mengubah settingannya agar tidak bisa melakukan copy paste file.
Jika hal ini terjadi pada komputer/laptop anda lakukan cara berikut:
  1. Pertama masuk ke RUN, cara masuk ke RUN bisa dengan klik start lalu ketik RUN, atau bisa juga dengan menggunakan pintasan dengan menekan tombol CTRL+R.
  2. Setelah muncul kotak RUN, ketik Service.msc lalu enter.
  3. Setelah itu akan muncul kotak Services.
  4. Cari tulisan Desktop Window Manager Session Manager.
  5. Setelah itu klik lah pada Restart the service.
  6. Tunggu beberapa saat, Close kotak Service tadi.
Silahkan coba lalukan copy paste dikomputer atau laptop anda. Jika komputer masih tidak bisa melakukan copy paste, maka lakukan cara berikut ini agar bisa mengaktifkan copy-paste kembali yaitu: 
  1. Pertama masuk ke menu Regedit, cara masuk ke menu Regedit bisa dengan cara klik start lalu ketik Regedit atau bisa juga dengan menekan tombol Windows+R lalu ketik Regedit.
  2. Masuk ke directory HKEY_LOCALMACHINE=>SYSTEM=>CurrentControlSet
  3. Klik kanan pada folder Control lalu pilih New => Key
  4. Beri nama folder baru tersebut dengan nama “StorageDevicePolicies”. 
  5. Klik kanan di folder dengan nama “StorageDevicePolicies”, lalu pilih New => Dword
  6. Berikan nama “WriteProtect”. 
  7. Klik dua kali Dword dengan nama “WriteProtect” tersebut, kemudian ganti Value Data menjadi 0. 
  8. Setelah selesai langkah di atas selanjutnya Restart Komputer anda.

Untuk mengembalikan settingan agar tidak bisa di copy paste tinggal mengganti Value Data dari key “WriteProtect” menjadi 1.

Jika cara ini juga tidak dapat menyelesaikan masalah, perhatikan komputer anda apakah menggunakan program/aplikasi khusus untuk copy paste seperti TeraCopy, jika terdapat aplikasi tersebut silahkan anda uninstal/remove.Jika setelah cara-cara diatas dilakukan dan copy paste tetap tidak bisa, anda dapat me restore komputer/laptop anda.

Jika cara-cara diatas tidak juga menyelesaikan masalah, saya sarankan agar komputer anda di repair menggunakan Software Windows untuk memperbaiki file windows yang corrupt.

Demikian Cara Mengatasi Komputer Tidak Bisa Melakukan Copy Paste, Cut Maupun Save As. Semoga bermanfaat dan dapat membantu dalam menyelesaikan masalah anda dalam hal Mengatasi Komputer Tidak Bisa Melakukan Copy Paste, Cut Maupun Save As…. 

Seorang Alumni Mahasiswa Programer Yg Sangat Tertarik Dengan Dunia Web Design Dan Juga Dunia Tehknologi...

Share this

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Tambahkan Komentar Anda